Jenis-Jenis Penyakit Retina

Anda saat ini sedang menderita Penyakit Retina? Ingin segera sembuh? Ketahui Jenis-Jenis Penyakit Retina Dengan Jelas


Awas! Bahaya Penyakit Retina

Jenis Penyakit Retina

Penyakit retina adalah ganggauan pada bagian retina di dalam mata yang berpengaruh buruk terhadap penglihatan seseorang. Retina sendiri adalah lapisan tipis di belakang mata dan mengandung jutaan sel yang sensitif terhadap cahaya, dan sel saraf yang menerima dan mengatur informasi visual pada otak melalui saraf optik. Di tengah jaringan saraf tersebut ada makula yang berperan untuk penglihatan yang tajam dan terfokus, seperti untuk membaca atau melihat sesuatu secara detail.

Penyakit retina dapat menggangu penglihatan, bahkan jika sangat parah bisa menyebabkan kebutaan. Beberapa jenis penyakit retina yang terjadi diantaranya yaitu degenerasi makula, lubang makula, retinitis pigmentosa, ablasi retina, retina robek dan epiretinal membrane.

Beberapa jenis penyakit retina tersebut menunjukan gejala yang sama seperti pandangan kabur, ada bintik terapung atau sarang laba-laba yang menghalangi penglihatan atau terganggunya lapangan pandang tepi.

Penyebab Penyakit Retina

Penyebab bisa dilihat dari jenis penyakit yang didertia, diantaranya:

  • Retinopati diabetik – Komplikasi dari penyakit diabetes mellitus yang menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina
  • Retinitis pigmentosa – Penyakit degeneratis yang berpengaruh pada retina. Adanya perubahan respons retina terhadap cahaya
  • Degenerasi Makula – Kerusakan pada pusat retina sehingga membuat pandangan menjadi kaur atau ada bagian yang tidak terjangkau penglihatan
  • Lubang makula – Defek kecil pada bagian makula yang terbentuk karena tarikan abnormal antara retina dan vitreus
  • Ablasi Retina – Terjadi di robekan retina, yang aman terdapat rembesan cairan melalui celah robekan dan mendorong retina terangkat dari jaringan penyangga

Jenis-Jenis Penyakit Retina


1. Degenerasi Makula

Age related macular degeneration (AMD) merupakan penyebab paling umum kebutaan orang dewasa di Amerika saat ii. Penyakit ini menyerang bagian makula, daerah kecil pada retina yang membantu melihat dengan jelas dan detail mengalam kerusakan.

Penyakit ini pada tahap awal tidak akan menimbulkan gejala apapun. Sebaiknya periksa secara rutin kesehatan mata Anda, karena itulah salah satu upaya mencegah terjadinya degenerasi makula. Anda juga bisa memperlambat perkembangannya dengan mengontrol tekanan darah, konsumsi makanan sehat, menjaga berat badan ideal, hindari merokok.

2. Ablasi Retina

Penyakit ini terjadi saat retina lepas dari pembuluh darah yang menyalurkan oksigen dan nutrisi. Ablasi retina biasanya hanya terjadi pada satu mata saja. Dan penyakit ini dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Ablasi retina seringkali terjad karena adanya robekan dalam retina, dengan begitu cairan vitreus akan merembes masuk di celah antara retina dan lapisan belakangnya. Cairan ini akan menumpuk dan menyebabkan lapisna retian terlepas dari dasarnya.

3. Retinopati Diabetik

Jenis penyakit retina yang berikutnya yaitu retinopati diabetik. Penyakit ini salah satu bentuk komplikasi dari penyakit diabetes mellitus yang mana kadar gula darah yang tinggi menyebabkan kerusakan pada pembuluh darah retina mata.

Pada tahap awal, penyakit ini tidak menimbulkan gejala yang berarti. Namun jika tidak diatasi, retinopati diabetik bisa menyebabkan kebuaatan. Untuk itu, Bagi penderita diabetes mellitus sebaiknya selalu melakukan pemeriksaan mata secara rutin.

4. Retinitis Pigmentosa

Retinitis pigmentosa adalah kelainan bawaan yang menyebabkan kerusakan progresif sel fotoreseptor di retina. Penyakit ini menghancurkan sel batang pada retina yang menyebabkan kehilangan penglihatan hingga menyebabkan kebutaan.

Berdasarkan statistik, sekitar 1 dari 4000 orang memiliki gangguan ini. Anda dapat meminimalisir kemungkinan terkena penyakit ini dengan mengurangi faktor-faktor risiko. Silakan diskusikan dengan dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

5. Retinopati Hipertensi

Hipertensi dapat merusak pembuluh darah retina, bagian belakang pada mata yang berfungsi sebagai penangkap atau reseptor cahaya penglihatan. Kerusakan mata ini bisa berlanjut menjadi kebutaan jika penyakit hipertensi tidak terkontrol.

Saat tekanan darah tinggi, dinding pembuluh darah pada retina akan menebal, yang mengakibatkan pembuluh darah menyempit dan aliran darah ke retina berkurang. Seiring waktu, kerusakan pembuluh darah retina akibat hipertensi akan merusak saraf penglihatan.


Itulah beberapa Jenis-Jenis Penyakit Retina Yang Perlu Diketahui. Dan kami merekomendarasikan obat herbal alami untuk penyakit retina guna mengoptimalkan proses pengobatan yang akan dilakukan secara alami yang aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Dengan Obat Tradisional Penyakit Retina dari Walatra Sehat Mata Softgel yang telah terbukti ampuh dalam mengatasi berbagai masalah gangguan mata salah satunya penyakit retina. Apabila anda ingin tau lebih lanjut tentang obat penyakit retina secara alami, yang punya pembuktian (testimoni) dan khasiatnya apa saja / bisa langsung kunjungi = Obat Tradisional Penyakit Retina.


Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *