Diet Sehat Penderita Demam Scarlet

Anak Anda Saat Ini Sedang Terkena Penyakit Demam Scarlet? Dan Ingin Segera Sembuh? Ketahui Diet Sehat Untuk Penderita Demam Scarlet Yang Bisa Anda Lakukan


Demam Scarlet atau scarlatina adalah demam yang ditendai dengan munculnya ruam merah pada kulit. Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak berusia 5-15 tahun. Demam scarlet umumnya disertai dengan radang tenggorokan dan demam tinggi. Jika tidak segera diatasi, penyakit ini bisa berdampak pada organ tubuh lainnya seperti ginjal dan jantung.

Penyebab Demam Scarlet

Demam scralet disebabkan oleh infeksi bakteri Streptococcus puogenes, yang kerap ditemukan di mulut dan saluran hidung. Bakteri ini merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab radang tenggorokan. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui percikan air liur saat penderita demam scarlet bersin atau batuk. Penularan juga dapat terjadi jika seseorang minum atau makan dari gelas dan piring yang sama dengan penderita. Demam scarlet lebih mudah menyebar dilingkungan dengan interaksi rutin, seperti dalam keluarga atau sekolah.

Gejala Demam Scarlet

Gejala khas dari demam scarlet adalah mncul ruam yang berwarna merah atau merah muda hampir diseluruh tubuh. Ruam ini terlihat seperti luka bakar, akibat sinar matahari dan terasa kasar. Ruam kulit biasanya muncul sekitar satu minggu. Setelah itu mereda, kulit yang terkena ruam akan mengelupas. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya seperti:

  • Demam disertai mengigil
  • Lidah kemerahan disertai bintil-bintil kecil
  • Radang disertai bercak putih atau kekuningan di tenggorokan
  • Pembesaran kelenjar getah bening di leher
  • Wajah dan leher memerah
  • Kulit pucat disekitar bibir
  • Sulit menelan
  • Sakit kepala

Diet Sehat Untuk Penderita Demam Scarlet Yang Bisa Anda Lakukan

Demam scarlet ini bia menular saat masuk dalam fase akut dengan gejala seperti demam, ruam dan juga sakit tenggorokan. Maka ada beberapa jenis makanan yang baik dan juga yang harus dihindari oleh penderita demam scarlet, berikut penjelasannya.


Pantangan Makanan Demam Scarlet


1. Makanan Bertekstur Kasar

Makanan dengan tekstur kasar atau keras dan renyah seperti sayuran mentah dan camilan kering dan beberapa jenis makanan keras lainnya sebaiknya harus dihindari bagi penderita demam scarlet. Makanan ini dapat meningkatkan kesulitan saat menelan dan bisa semakin mengiritasi tenggorokan yang sudah sakit karena demam scarlet tersebut

2. Makanan Asam

Diet Sehat Untuk Penderita Demam Scarlet yaitu dengan menghindari makanan asam. Makanan seperti jeruk, lemon, limau dan tomat masuk dalam daftar pantangan makanan demam scarlet. Karena makanan tersebut dapat membuat kerusakan lebih kronis pada lapisan tenggorokan dan dapat membuat iritasi tenggorokan semakin bertambah parah.

3. Makanan Olahan

pantangan makanan yang selanjutnya yaitu makanan olahan. Karena makanan ini mengandung nutrisi sedikit sekaligus tinggi akan pengawet dan bahan kimia buatan lainnya. Apabila terus dikonsumsi, maka makanan olahan bisa semakin menurunkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko efek smaping atau bentuk lain dari infeksi bakteri.


Anjuran Makanan Demam Scarlet


1. Kaldu dan Sup

Kalsu dan sup tak hanya mudah untuk ditelan namun juga baik untuk meringankan gejala demam scarlet yakni sakit tenggorkan. Makanan ini juga sangat baik unutk menurunkan demam pada anak. Beberapa jenis kaldu atau sup yang baik dikonsumsi diantaranya adalah kaldu tulang, sumsum tulang, tulang rawan dan juga kolagen. Makanan ini juga mengandung vitamin dan mineral yang sangat penting untuk mengoptimalkan sistek kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri seperti demam scarlet.

2. Yoghurt Tawar

Diet Sehat Untuk Pendeirta Demam scarlet yang berikutnya yaitu dengan mengonsumsi Yoghurt tawar. Selain mudah ditelan, yoghurt tawar juga sangat efektif dalam menghambat infeksi bakteri sekaligus memperkaya mikrobiom usus dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara menyeluruh.

3. Buah Non-Acidic

buah-buahan Non-acidic sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita Demam scarlet. beberapa jenis buah-buahan tersebut seperti pisang, alpukat, dan juga raspberry, tak hanya ampuh dalam menyembuhkan namun juga dapat mencegah kondisi tubuh semakin buruk. Namun perlu diingat jika beberapa buah tersebut mengandung fruktosa yang bisa berbahaya jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Untuk itu, pastikan mengkonsumsi buah buahan non-acidic dalam jumlah sedang


Tahukah Anda?? Kini Demam Scarlet Dapat Diatasi Dengan Cara Alami Menggunakan Obat Tradisional Demam Scarlet

QnC Jelly Gamat merupakan produk herbail asli Indonesia yang dirancang khusus untuk mengobati berbagai macam penyakit termasuk penyakit demam scarlet secara alami dan aman, sehingga dipercaya sebagai obat tradisional demam scarlet.

Mau Tahu Cara Kerja QnC Jelly Gamat Sebagai Obat Tradisional Demam Scarlet?

LAYANAN KONSULTASI DAN PEMESANAN 24 JAM NON-STOP

0852 6143 6601 (Via Tlp/SMS/WhatsApp)
5D55CD3A (Via BBM)
Hari Libur Tetap Buka
(Termasuk Hari Libur Nasional)

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Diet Sehat Untuk Penderita Demam Scarlet
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMS/WhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *