Anjuran & Pantangan Makanan Penderita Kolesistitis

Anda Salah Satu Penderita Kolesistitis (Radang Kantong Empedu)? Ketahui Anjuran & Pantangan Makanan Penderita Kolesistitis Berikut Ini!

Anjuran dan Pantangan Makanan Penderita Kolesistitis – Kolesistitis merupakan peradangan yang terjadi pada kantung empedu. Kantung empedu sendiri merupakan salah satu organ dalam tubuh yang berfungsi menyimpan cairan empedu, yaitu cairan yang memiliki peran penting dalam pencernaan lemak didalam tubuh. Kolesistitis dapat terjadi secara tiba-tiba (akut) atau dalam jangka panjang (kronis). Sebagian besar kasus kolesistitis akut terjadi akibat penyumbatan di dalam saluran empedu. Sedangkan kolesistitis kronis biasanya merupakan peradangan yang terjadi setelah seseorang mengalami kolesistitis akut berulang kali. Kolesistitis termasuk kedalam salah satu kondisi penyakit yang umum terjadi. Namun lebih banyak mempengaruhi wanita dibandingkan pria dan lebih banyak ditemukan pada orang tua hingga lansia.

Gejala utama yang ditunjukan oleh penyakit ini adalah rasa sakit yang sangat parah pada perut bagian kanan atas dan dapat bertahan hingga berjam-jam. Rasa sakit ini cenderung muncul setelah mengkonsumsi makanan tertentu terutama makanan dengan kandungan lemak yang tinggi dan dapat menjalar hingga ke punggung atau tulang belikat kanan. Selain rasa sakit pada perut penyakit kolesistitis juga dapat disertai dengan gejala-gejala berikut ini :

  • Nyeri dada, punggung atas atau bahu kanan. Nyeri ketika bernafas, atau bergerak dan ketika ditekan.
  • Sering bersendawa
  • Mual dan muntah
  • Suhu badan rendah
  • Kulit menguning
  • Mata terlihat putih
  • Tinja berwarna pucat
  • Kulit gatal dapat terjadi jika saluran utama yang membawa empedu ke usus terhambat
  • Kantong empedu yang terinfeksi dapat menyebabkan suhu badan tinggi dan menggigil.

Anjuran makanan yang baik untuk penderita kolesistitis :

1.) Minyak Zaitun

Hasil gambar untuk minyak zaitun

Minyak zaitun diketahui memiliki kandungan zat antioksidan yang sangat tinggi. Minyak zaitun juga mengandung zat asam yang dapat mencegah terjadi inflamasi atau peradangan pada empedu. Mengkonsumsi banyak minyak zaitun secara rutin juga dapat membantu mengurangi resiko pembentukan batu empedu. Fakta ini telah diteliti dan dibuktikan oleh Dr. Penny Stanway yang diulas dalam bukunya yang berjudul Miracle Of Olive Oil.

2.) Brokoli

Hasil gambar untuk brokoli

Brokoli merupakan jenis sayuran yang memiliki kandungan kalori rendah dan mengandung banyak serat. Selain itu, brokoli juga mengandung berbagai macam vitamin seperti vitamin A dan vitamin C. Brokoli tidak mengandung lemak sama sekali. Brokoli juga diketahui mengandung karbohidrat, protein, dan kalsium. Meskipun brokoli kaya akan kandungna, namun mengkonsumsinya tetap harus terbatas sebab jika berlebihan dapat menyebabkan produksi gas dan memicu sakit perut. Bagi penderita asam lambung, sayur ini harus dihindari.

3.) Ikan Tuna

Gambar terkait

Ikan tuna menjadi salah satu makanan dengan sumber protein tinggi. Para penderita kolesistitis atau radang kantung empedu disarankan mengkonsumsi makanan sehat ini karena didalamnya terkandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan empedu. Mengkonsumsi tuna yang masuk dalam batas toleransi adalah sekitar 3 ons per hari.

4.) Bayam

Hasil gambar untuk bayam

Setelah brokoli, bayam juga menjadi salah satu sayuran yang disarankan untuk penderita penyakit kolesistitis. Banyak bayam yang mengandung senyawa oklasat yang dapat meningkatkan potensi masalah penyakit pada ginjal. Jadi, meskipun bayam aman untuk dikonsumsi namun harus dalam batas tertentu. Potensi bayam hanya menyebabkan masalah pada batu ginjal dan bukan pada masalah batu empedu. Tapi biasanya banyak penderita batu empedu yang juga memiliki komplikasi batu ginjal. Jadi, bayam aman untuk penderita batu empedu, tapi batasi jumlah konsumsi harian. Bayam juga dapat dijadikan makanan penambah darah super cepat yang dapat membantu penderita penyakit anemia.

5.) Tomat

Hasil gambar untuk tomat

Tomat adalah buah yang banyak mengandung vitamin dan mineral. Berbagai nutrisi yang ditemukan dalam buah tomat antara lain adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat dan tiamin. Bahkan buah tomat juga mengandung sumber kalsium seperti potassium, mangan, magnesium, tembaga dan fosfor. Senyawa lycopene dalam tomat juga berperan penting untuk mengendalikan kesehatan organ vital tubuh seperti empedu. Konsumsi tomat secara rutin akan mengurangi resiko batu empedu dan meringankan penyakit radang batu empedu.

Pantangan makanan bagi penderita kolesistitis :

1.) Telur

Hasil gambar untuk telur

Bagi Anda yang sedang menderita penyakit radang kantung empedu sebaiknya menghindari makanan yang satu ini. Dalam telur terkandung kolesterol dengan jumlah yang tinggi. Kolesterol sendiri merupakan salah satu zat yang dapat memicu alergi pada empedu dan menjadi pemicu rasa sakit. Jadi untuk penderita kolesistitis lebih baik untuk tidak mengkonsumsi telur.

3.) Daging Berlemak

Hasil gambar untuk daging berlemak

Daging memang menjadi makanan yang banyak disukai. Namun mengkonsumsi daging dengan berlebihan dapat memicu penyakit pada pencernaan khususnya empedu. Maka dari itu, untuk penderita penyakit radang kantung empedu lebih baik hindari mengkonsumsi daging dengan kandungan lemak yang tinggi.

4.) Gorengan

Hasil gambar untuk gorengan

Gorengan merupakan salah satu makanan yang sangat tidak dianjurkan untuk penderita penyakit radang kantung empedu. Pasalnya gorengan termasuk kedalam makanan tidak sehat karena mengandung lemak jenuh dengan jumlah yang tinggi. Lemak jenuh harus dihindari karena menjadi salah satu pemicu rasa sakit yang ditimbulkan oleh radang kantung empedu.

5.) Makanan Olahan

Hasil gambar untuk makanan olahan

Jika Anda penderita penyakit radang batu empedu, Anda harus lebih berhati-hati saat memilih dan memilah makanan karena tidak sedikit makanan instan atau olahan yang mengandung asam lemak didalamnya. Bagi orang yang tidak memiliki kondisi tertentu makanan ini tidak akan menimbulkan bahaya, namun bagi penderita radang kantung empedu makanan ini dapat meningkatkan gejala-gejala penyakit radang kantung empedu.


Baca juga : Obat Alami Kolesistitis


Selain dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat diatas, perawatan dan pengobatan penyakit kolesistitis juga dapat Anda lakukan dengan Obat Alami Kolesistitis. Penggunaan Obat Alami ini diketahui lebih efektif sebagai alternatif mengobati penyakit kolesistitis. Selain itu, obat yang terbuat dari bahan alami ini akan sangat aman dikonsumsi karena tidak disertai bahan kimia sedikitpun sehingga tidak akan menimbulkan efek samping bagi penggunanya.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Alami Kolesistitis

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

Atau pesan langsung Obat Alami Kolesistitis :

Dapatkan layanan bebas konsultasi untuk mendapatkan informasi serta solusi pengobatan keluhan penyakit anda.

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

Makanan Sehat Untuk Penderita Gagal Ginjal

best regards,
Ilham Nur Rizki Muharram
Ham Herbal 
CV. JOGJA NATURAL HERBAL
Hotline : 0852 6143 6601 (Tlp/SMSWhatsApp) – 5D55CD3A (BBM)

Pencarian Artikel :

    makanan pantangan penderita cholesistitis, makanan untuk penderita kolesterol tinggi, pantangan bagi penderita batu empedu, pantangan bagi penderita batu empedu loc:ID, pantangan makanan orang hamil

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *